Februari 17, 2010

PC TOOLS Firewall Plus 6.xx

Banyaknya produk firewall yang beredar, mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Produk-produk firewall tersedia di internet berupa freeware (gratis penuh/sebagian), free to try (gratis untuk dicoba) dan shareware (berbayar). Saya mencoba mereview salah satu firewall freeware dari PC TOOLS bernama PC TOOLS Firewall Plus.

PC TOOLS Firewall Plus 6.xx produk firewall dari PC TOOLS ini gratis untuk penggunaan nonkomersial. Firewall adalah software yang berfungsi sebagai penyaring data online yang masuk atau keluar dari komputer Anda. Penggunaan firewall untuk Anda yang online tampaknya merupakan suatu kewajiban seiring banyaknya ancaman keamanan melalui medium online sekarang ini baik terdiri dari virus, trojan, spyware dan malware lainnya.

PC TOOLS Firewall Plus 6.xx terdiri dari beberapa bagian yaitu sebagai berikut :
Status merupakan tampilan awalnya, terdiri dari Pilihan Aksi (Select an action) dan Status & Summary. Screenshotnya sebagai berikut :
Status 'Firewall Protection' harus dalam keadaan ON agar proteksinya berjalan. 'Application Blocking' menjelaskan kepada Anda Aplikasi apa saja yang diperbolehkan 'masuk' dan mana yang 'diblokir'. Pada bagian ini Anda diberikan akses penuh untuk menentukannya atau secara otomatis ditentukan Firewall. Screenshot-nya sebagai berikut :
'Profiles' memungkinkan Anda mempersonalisasikan konfigurasi firewall, disediakan 3 profil yaitu 'home' untuk penggunaan rumahan, 'public' untuk penggunaan diluar (seperti pada penggunaan hotspot), dan 'work' untuk penggunaan di tempat kerja. Screenshot-nya sebagai berikut :
'History' berisi aktivitas-aktivitas Firewall yang penting akan tercatat pada bagian ini. Bagian ini tidak penting sehingga dapat Anda lewatkan. Screenshot-nya sebagai berikut :
'Activity' berisi segala aktivitas online proses yang sedang aktif. Anda dapat melihat transfer data online melalui 'summary'. 'Connections' untuk melihat dengan site apa saja komputer Anda terhubung online. Screenshot-nya sebagai berikut :
'Settings' berisi segala pengaturan untuk Firewall, tetapi sebaiknya tidak Anda rubah bila Anda belum mengerti tentangnya, biarkan default-nya saja. Screenshot-nya sebagai berikut :
Selain itu, bila Anda ingin meng-upgrade firewall Anda menjadi PC TOOLS Security Product yang lebih lengkap proteksinya namun berbayar, Anda bisa masuk pada pilihan 'Upgrade Now'. Untuk mendownload program ini silahkan mengunjungi situs resminya disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Anda Isi Komentar atau saran yang membangun
nb:Tidak mengandung SARA atau hal-hal yang dilarang. Terimakasih