Februari 16, 2010

Avast 5.xx Antivirus

Avast Antivirus telah mengeluarkan versi terbarunya yaitu versi 5.xx. Pada versi ini dibutuhkan registrasi secara online dengan e-mail Anda. Cocok sekali untuk Anda yang sering melakukan aktivitas online. Program ini gratis untuk penggunaan rumah dan tidak diperkenankan untuk dikomersialkan. Saya menyarankan Anda menggunakan ini sebab versi ini memberikan proteksi kuat (Real-Time Shields) diantaranya :

1. File System Shield berupa perlindungan terhadap bahaya virus/malware lainnya yang ada dalam local storage (harddisk, flashdisk, dll) pada komputer Anda. Interface-nya dilengkapi dengan 'traffic' yang memungkinkan Anda memantau aktivitas proteksi-nya. Bagi Anda yang sudah Expert disediakan pilihan 'Expert Settings'. Screenshot-nya sebagai berikut.

2. Mail Shield berupa perlindungan terhadap e-mail bagi Anda yang online. Perlindungan yang disediakan terdiri dari inbound mail (POP3, IMAP4) atau e-mail masuk, outbound mail (SMTP) atau e-mail keluar, dan newsgroup massage bagi anda yang ikut newsgroup. 'Expert Settings' tersedia sebagai pilihan khusus para expert. Screenshot-nya sebagai berikut :
3. Web Shield berupa perlindungan terhadap web-web berbahaya yang mengancam komputer Anda saat sedang online. Engine-nya dilengkapi dengan 'intelligent stream scanning' sebagai default setting-nya yang memungkinkan proses scanning yang lebih cepat. 'Shield Traffic' memberikan Anda hasil pantauan Avast terhadap web-web yang telah ter-scan dan mana yang 'clean' atau yang 'infected'. Pilihan 'expert settings' disediakan khusus bagi para expert. Screenshot-nya sebagai berikut :
4. P2P Shield berupa perlindungan terhadap file sharing melalui program tertentu seperti bitComet, uTorrent, bitTorrent, dll. Virus/malware bisa masuk ke komputer Anda melalui jalur ini. Pilihan 'Expert Settings' disediakan untuk yang expert. Screenshot-nya sebagai berikut :

5. IM Shield berupa perlindungan saat Anda ber'Instant-Messenger' atau IM alias chatting. Saat Anda chat online, suatu program jahat/malware dapat masuk tanpa Anda sadari sehingga biasanya membuat sistem komputer Anda rusak atau ada juga yang menawarkan iklan-iklan yang bisa menjerumuskan Anda. 'IM Shield' memberikan Anda perlindungan terhadap hal-hal tersebut. bila Anda ingin melihat program chat apa saja yang dilindungi, Anda dapat membuka pilihan 'Expert Settings' tetapi bila Anda belum mengerti betul program komputer disarankan tidak merubah sistemnya atau dibiarkan 'default'-nya saja. Screenshot-nya sebagai berikut :
6. Network Shield berupa perlindungan keamanan pada jaringan/network. Fungsinya hampir mirip dengan 'Firewall' yaitu menganalisa koneksi mana saja yang 'bersih' dan yang 'diblokir'. Tidak ada pilihan 'Expert Settings' pada bagian ini. Screenshot-nya sebagai berikut :
7. Behavior Shield berupa perlindungan keamanan pada komputer Anda dari perubahan-perubahan sistem yang tidak diinginkan oleh virus/malware. Tidak ada pilihan 'Expert Settings' pada bagian ini. Behavior Shield merupakan sistem keamanan lapis kedua atau cadangan bila virus/malware lolos dalam perlindungan utama. Screenshot-nya sebagai berikut :

selain ketujuh perlindungan tersebut, Avast 5.xx juga memiliki fitur-fitur lain seperti Antivirus lainnya yaitu pantauan bahwa sistem Anda aman, statistik, scanning, dan fasilitas update online atau offline juga virus chest (karantina).

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, silahkan berkunjung ke situs resminya disini untuk proses download.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Anda Isi Komentar atau saran yang membangun
nb:Tidak mengandung SARA atau hal-hal yang dilarang. Terimakasih